Pages

Nov 13, 2013

[TECH] BBM ON ANDROID

Haloo :D
http://eemoticons.net

Comeback gue kali ini mau bahas tentang BBM. Oke ini BBM lagi happening banget berkat multi-platform nya yg udah bisa masuk ke Android sama iOS. Bukan BBM yg tiap hari lo beli biar motor lo bisa jalan -____- update dong, pake smartphone :P

Tampilan awal masuk BBM Android, masukin email yg udah terdaftar di www.bbm.com

Kalo udah terdaftar langsung ke set ini ^^

BBM, emm BlackBerry Messenger, dulu yg punya BBM ini levelnya keren, soalnya udah pasti hp nya BB yg harganya paling murah dua jutaan kala itu. Tapi sekarang?? Berkat masuk ke Android dan iOS, apalagi udah pasti andro user ini banyak banget, BBM jadi hal yg biasa dimilikin orang haha. Apalagi hape andro sekarang setengah juta aja udah ada yg Jelly Bean, nah hp gue dua jutaan masih masuk Ice Cream Sandwich haha. Bro bahas BBM broooo. Oke lanjut. Taun ini banyak isu beredar BBM bakal masuk Android sama iOS, tepatnya Juli kemaren bakal ada katanya. Taunya cuma hoax -,- lanjut lagi September, ditungguin tanggal 21 apa 22 sore gitu gak muncul juga di Play Store. Malah banyak hoax nya juga. Setelah ada, taunya error dan di pending lagi kemunculan BBM for Android dan iOS nyaaaa. Yaelah kala itu gue sama adek gue udah nungguin sampe dibelain lupa mandi sore XD demi penasaran kayak apa sih BBM di Android. Tapi karena cuma dapet PHP, akhirnya kita nyerah dan gak nyari kabar lebih lanjut tentang BBM. Gue pikir, buat apaan juga pake BBM kalo di Android banyak IM yg lebih unyu dan multi-platform juga. Etapi paginya sempet dapet app nya dari luar Play Store, dan langsung di install, tapi gak bisa -____- butuh wifi katanyaaa, udah minta tether dari adek, eh sama aja no connection tulisannya, padahal adek gue udah punya PIN haha sialan. Yaudah akhirnya beneran nyerah! Bye BBM!

Tampilan awal BBM Android setelah berhasil masukin email yg udah di daftarin di www.bbm.com

Tapi nih tapiiii, tanggal 22 apa 23 Oktober kemaren, pas pagi pagi lagi browsing, eh ada berita BBM for Android dan iOS udah bisa di download secara free alias gratis di market masing masing OS. Nah gue langsung cek aja ke Play Store, taunya adaaaaa, develop nya BlackBerry Limited, dan itu trusted. Oke akhirnya gue download, dan install. Yah lagi bangun tidur suruh install app baru dan gak mikir kalo yg ini beneran, jadi gak sempet capture-in T.T haha. Abis install yah langsung aja di buka app nya, jadi lumayan penasaran dan otomatis mata melek ahaha, eh awalnya pake daftar, gue masukin aja email yg pernah gue register di App World BB. Langsung masuk tahap berikutnya deh ternyata, gak tau kalo tahap pertama banyak yg gak lolos saat itu, jadi gue tenang aja dan gak capture-in juga haha. Tahap berikutnya adalah sign in atau create BB ID, kalo yg belom punya. Berhubung gue ada BB ID, yauda tinggal sign in, dan tadaaaaa, gue punya PIN BBM dan bisa BBM-an sama temen temen gue yg device nya BB ahaha.

Ternyata abis pake dan bisa chat sama temen, temen gue nanya gue kok bisa pake BBM di Android, taunya banyak yg gagal masukin email. Pas lagi sepik sepik sama adek, dia juga gagal download dari Play Store soalnya device incompatible. Syarat BBM di Android, minim OS ICS, armv7. Tapi beberapa yg udah JB pun gak bisa install, gatau juga kenapa, tapi di gue, lancaaar haha. Akhirnya gue share apk nya ke adek gue, taunya setelah dia install, gagal connect. Jadi ini kebalikan gue dulu, dia dapet PIN, gue dapet tanda seruuuu. Sekarang dia yg dapet tanda seru haha. Yauda tether dari gue aja, masuknya lamaaaaa banget, sampe akhirnya bisa masukin email, taunya abis itu keluar tulisan hold in-line.

Setelah browsing browsing dan browsing baru deh gue tau kalo yg bisa pake BBM buat Android dan iOS adalah mereka yg udah pre register di web nya bbm.com dan yg udah dapet email bahwa bisa download, dan itu dibatasin cuma 5 juta pengguna awal kalo gak salah yeee haha. Buru buru cek email, dan ternyata email yg gue pake udah dapet pesan dari BB kalo udah bisa di download langsung dari link yg ada di inbox gue, tapi telat banget, soalnya udah download di Play Store haha. Sorean pas adek gue pulang kuliah, gue coba set up lagi, kali ini masukin email gue yg udah terdaftar, dan work! Dia bisa BBM-an sekaraaaang, berkat gue haha.

PIN BBM buat Android dan iOS, awalnya 7. Duh kenapa 7 ya -____- kenapa nggak 4 aja haha. Jadi bisa bedain pake BBM apa cukup dengan liat PIN awalnya. Kalo 2 sama 3 kan buat yg pake device BlackBerry haha. Makin lama yah makin bosen aja bbm an, secara emang udah lama nggak masuk dunia per-chatchitchut-an, paling pol pake kakaotalk juga cuma chat sama temen cewe cewe gue biasanya, sms pun bisaaa, jadi nggak tertarik lagi deh bbm an. Oiya entah kapan itu gue dapet brotkes dari temen, katanya bbm di android sama iOS ituuu boros batere, boros kuota, boros semuanya dah. Ya kalo gue mikir sih, sebelum ada bbm jg hape gue suka overheat soalnya pake maen 3 game ol. Bayangin XD betapa kalo telor pecah jatuhnya ke hp gue langsung mateng haha. Trus kalo kuota ya bolak balik kembali ke user nya, kalo hobinya download game HD super megamega (read: lebih dari 50 MB) otomatis kuota cepet abis dong, tapi kalo jarang ol apapun yah gak bakal abis. Cuma nih ya, tambahan aja, kapan itu gue flash hp gara gara ganti custom rom, biasa lah cowo gue yg benerin, mo update sekalian ke JB, uhuy udah JB, yg laen uda mau ke KitKat padahal -____- nah abis di flash kan ilang semua tuh app nyaaa, termasuk bbm dong, abis itu gue install lg via playstore, dan kali ini tanpa disuruh masukin email lagi, entah kenapa. Yauda langsung aja masukin BB ID, nah abis itu tiba tiba ada tulisan "your BB ID is already associated with BBM on another device, wanna switch?" kalo gue pilih exit, gak bisa login dan pake bbm, akhirnya gue pilih switch, dan tadaaaaaaa, pin gue ganti -____- yaelah dulu udah dapet pin cantik, ganti lagi deh, untungnya kontak sama group masih nangkring dengan bahagia disana. Setelah tanya ke temen, pin gue di display mereka otomatis ganti juga yg baru ini. Baguslah, gue pikir bakal error. Tapiiii, pin lama gue dikemanain ya :| *pengen nangis* T______T

Kelebihan:
- Multi-platform sekarang, bisa BB user, android user, ato iOS user ^^
- Ada emoticon, walau cuma dikit dan gak jelas gitu kecil amat dah -____-
- Notif nya di chat lengkap banget jadi yg di php-in bisa tau kalo mesej nya cuma di read doang :P
- 1 device android bisa punya 2 bahkan 6 app bbm whuakakak, agak alay dan bikin berat hp sih, satu aja berat -____-

Kekurangan:
- Update yg mengganggu, macem si A ganti DP, masuk ke update gue, padahal gue gak butuh tau juga, apalagi kalo dia nya nyampah tiap menit ganti DP, super annoying user, delcon-able *curhat*
- Tampilannya sederhana banget, gak sukaaaaa
- Minim fitur ya, cuma bisa chat doang, ping aja gak ada suaranya jd gak berasa nge ping :|
- Tone bbm nya cuma 1, mana lembut banget suaranya jd kadang gak denger -____-
- Notifikasi bbm yg kalo gak dibaca suka muncul2 terus itu annoying bangeeeet -____-
- Bikin hp berat, dengan app yg "cuma kayak gitu", app laen yg fitur nya lebih banyak dan keren, misal kakaotalk, gak seberat dan segede bbm
- Pin yg nggak bisa tetep itu, sekalipun hp nggak ganti -____- trus pin lama gue kemanaaaa woi @BBM????
- Cuma berfungsi buat transaksi jual beli online, udah! Eh ini harusnya kelebihan apa kekurangan ya? Masih kontroversi hati XD

Kira kira segitu aja deh ya, ulasan tentang bbm. Ini sebenernya artikel udah lama gue ketik dan duduk manis di lepi, tapi lupa kalo punya tulisan ini XD yauda mumpung ada update kemaren begitu sekalian ditambahin dan di share ke kalian semuaaaaaa :D

Bye~
http://eemoticons.net

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.