Pages

Apr 15, 2015

[LIFE] MEROKOK? PEROKOK? SEHAT????

Annyeong ^^

Aku lagi liburan blogging yaaa, soalnya my face gets better now, setelah udah jarang pake make up :3 haha. Lagi mau bahas hal yg beda nih. Intinya sih lebih ke, daripada nyampah nggak jelas di timeline yg useless dan nggak straight to the point, mending ngidupin blog haha.

Hallooo, anda merokok? Mencoba rokok? Sering merokok? Nggak bisa hidup tanpa rokok? Rokokers???? LOL. Tulisan ini sebenernya intinya pengen luapin kebencian sama smoker sedunia lah. Mau nggak terima ya terserah, bodo amat!! FYI, cowo gue juga smoker, dan gue sama nggak sukanya.

Rokok, tau dong bahayanya. OKE, saya nggak mau bahas masalah yg laen, sektor apapun lah, yg saya mau bahas ya rokoknya. TITIK.

Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm(bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung (walaupun pada kenyataannya itu hanya tinggal hiasan, jarang sekali dipatuhi).Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam.Telah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok sangat menyebabkan ketergantungan, di samping menyebabkan banyak tipe kankerpenyakit jantungpenyakit pernapasanpenyakit pencernaan, efek buruk bagi kelahiran, dan emfisema. (sumber: WIkipedia)

Bisa baca dong? Tau kan yah? Post ini sebenernya kayak post keluh kesah aja sama mereka mereka yg masih dengan bangganya ngerokok tanpa sadar bahayanya buat orang di sekitar mereka. Iya sih, elo beli rokok sendiri, beli pemantik api juga sendiri, yah bisa jadi duit orang tua loe juga sih. Cuman yaaaaaa, intinya bukan itu.

Buat kalian yg masih muda, okelah riset jarang banget ada yg mati muda gara gara rokok, mungkin ada, cuman nggak banyak, dan beritanya nggak gitu heboh. Bahkan, yg nggak ngerokok pun bisa mati muda dalam keadaan apapun. Mati kan takdir dari Tuhan. Iyaaaaaa, saya tauuuuuuuuuu.

Tapi gini loh, main logika aja, Main matematika yuk. Kalian merokok sehari berapa batang? Beli sebungkus buat berapa hari? Seminggu abisin berapa bungkus? Pemantik ganti berapa kali dalam sebulan? Kalo nggak pake rokok, uang yg dipake buat beli rokok tadi bisa kekumpul buat apa seminggu? Taruhlah sehari abis 1 bungkus rokok seharga 15.000 rupiah, seminggu udah nge save duit berapa keleeeeesssss?????? Bisa buat beli yg laen kannnn???? Kebutuhan kan buanyak yaaa, makin hari makin mahal pula.

Keburukan merokok (menurut saya):
1. PEMBOROSAN, cuman orang goblok (sorry kasar) yg lebih milih nyari duit biar bisa ngerokok daripada nyari duit buat makan.
2. NAMBAH POLUSI. Motor, mobil, kebakaran, itu polusi udah banyak banget ya, dan lapisan ozon udah makin tipis aja, kerasa dong sinar matahari yg makin hari makin panas? Ini ditambah polusi rokok, lu pikir yg laen demen apa bernapas pake bekas asap rokok lu???
3. NAMBAH PENYAKIT. Logika lagi nih, kita yg hidupnya lempeng lempeng aja bisa mendadak mati, atau kena penyakit, ini malah micu penyakit dateng gara gara ngerokok. Lebih goblok lagi! Situ paru paru punya cadangan berapa? Jantung berapa???? Dua puluh biji????
4. BIKIN GAK NYAMAN. Yah intinya sih kayak di atas, nambah polusi. Kan kita yg udah dikasih udara bersih gratis jadi ngerasa terganggu dengan polusi asap rokok kan? Saya merdeka loh, iya kalian perokok juga, cuman coba kalian mikir, kalo para perokok ini diharuskan merokok di ruang isolasi seluas 4x4 meter persegi, ngerasa seneng? Bahagia? Wong beberapa perokok itu aja ada yg nggak tau malu pake bilang "jangan ngerokok di sebelah saya, polusi, saya kan jadi nggak bisa nafas". Serius, ada yg pernah bilang gituuuuuu, padahal dia perokok!!!! Kaca mana kaca? Malumeter punya?
5. NGOTORIN KOTA!!!! Iyaaa sih ini nggak cuman perokok aja, tapi cowo gue contohnya, ya gue contohin yg emang deket sm gue dan gue terang terangan nggak suka. Dia suka banget ngerokok di jalan, pas lagi naek motor, nah rokoknya abis pas masih di jalan juga, tanpa dosa gitu dia lemparin puntung rokok ke seberang jalan. Nah nah, itu nambahin sampah di jalan kan???
6. PENYULUT API YG BERBAHAYA. Masih nyambung dari poin 5, iya kalo pas dia buang puntung rokok nya di got yg ada genangan air, rokoknya mati, selesai. Tapi kalo di tempat yg gampang tersulut api, rerumputan misalnya, ya kita kan nggak tau ya bakal kebuang dimana, rokoknya udah mati belom, random banget itu, cuman kalo pas di rumput, terus kebakar, nah rumah didepannya kena, yg rugi siapa??? Padahal yg salah siapa? Pernah mikir???? Terus banyak juga kasus kebakaran rumah atau pabrik, gara garanya simple, puntung rokok yg belom mati!!! Itu puntung rokok nggak ada harganya, bisa menyebabkan kerugian sampe miliaran, itu WOW BANGET COY!

Itu baru 6 poin menurut saya, nanti kalo ada tambahan di update deh wkwkwk. Jam kantor udah mau abis, jadi prepare balik dulu yah coy! Buat yg tersinggung, maki gue, biar dosa elu makin banyak XD haha. Buat yg setuju, yauda gitu, gue juga nggak mau masalahin, ini pure uneg uneg kesengitan gue terhadap perokok, Gue soalnya masih bingung gimana caranya biar cowo gue BERHENTI rokokkkkkk!! Idup kita susah mas, kita bukan anak konglomerat, duit pas pasan XD jadi plis, jangan ditambahin pengeluaran nggak penting kayak rokok!!! Hahahahaha XD

Bye~

1 comment:

  1. duhh akhirnya aku nemu orang yg sama2 benci sama rokok sampe segitunya>< sharing dikit, ayah sama paman aku juga dulu perokok pas aku masih kelas 4 sd tapi saking udah bencinya sama rokok aku sempet gabolehin mereka masuk rumah sampe sesadis itu hahaha xD menurut aku rokok cuma bakar duit, udah gt nambah racun lagi ke tubuh bikin cepet mati:(
    btw, mau saling follow via gfc gak? kabarin aku ya diblog aku nanti aku follback hehe :D

    xoxo
    amfiba
    http://amfiba.blogspot.com

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.